SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI

Friday 12 October 2018

Cuaca di Jakarta Panas, BMKG Prediksi Hujan Turun November

Cuaca di Jakarta Panas, BMKG Prediksi Hujan Turun November

Jakarta - Cuaca di Jakarta terasa lebih panas dibanding hari biasanya. Kondisi serupa dialami di bagian Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara.

"Di masa peralihan ini curah hujan masih rendah dan juga udara di sekitaran wilayah Jawa, Bali, sampai Nusa Tenggara masih cenderung udara kering sehingga menghambat pertumbuhan awan," kata prakirawan cuaca BMKG, Evan, saat dihubungi, Sabtu (13/10/2018).

Dia mengatakan Indonesia sendiri akan segera memasuki musim hujan. Diperkirakan Indonesia akan masuk musim hujan pada akhir Oktober atau awal November nanti.

Selain di bagian selatan Indonesia, cuaca panas juga terjadi di Sulawesi bagian selatan, Maluku, sampai Papua. Namun, cuaca panas di wilayah ini juga disebabkan angin monsun Australia.

"Kalau berdasarkan pantauan citra satelit kami, memang massa udara di sekitar daerah tersebut masih relatif kering. Keadaannya, angin monsoon Australia yang tipikalnya membawa udara kering itu lagi aktif belakangan hari ini," ujarnya.

Di luar itu, ternyata ada beberapa daerah di Indonesia yang sudah mulai terjadi peningkatan curah hujan. BMKG mengimbau warga untuk waspada bencana.

"Informasi di Aceh, Sumatera bagian utara dan Sumatera Barat, Riau, dan Kalimantan Barat curah hujan diperkirakan cukup tinggi beberapa waktu ke depan, sekitar 3 hari. Warga harap waspada," kata Evan. 

0 comments:

Post a Comment